24 September 2008

290 Puskemas di Jabar Dioperasikan 24 Jam

Sebanyak 290 Puskesmas termasuk Puskesmas Pembantu di Jawa Barat (Jabar) diwajibkan beroperasi selama 24 jam untuk melayani pemudik yang mengalami kecelakaan lalulintas dan gangguan kesehatan


BANDUNGKepala Dinas Kesehatan Jabar Hanny Rono, mengatakan terdapat 290 Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di jalur mudik, termasuk Nagrek, perbatasan Bandung-Garut, Padalarang dan Priangan Timur (Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Garut).

Puskesmas sengaja disiagakan untuk melakukan penanganan awal, bagi warga yang terkena musibah kecelakaan dalam perjalanan. Jika, fasilitas di Puskesmas tidak memadai, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Hanny menjelaskan, Setiap Puskesmas dilengkapi berbagai fasilitas medis dan obat-obatan sesuai kebutuhan. dimana masing-masing Puskesmas terdapat satu dokter dan beberapa suster yang akan melayani pemudik Lebaran yang mengelami kecelakaan lalulintas dan gangguan kesehatan.

Secara keseluruhan di Jabar terdapat 31 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan 50 RS swasta. Selain itu, juga telah menyiapkan sebanyak 1205 posko terpadu di jalur mudik. Sebagian di antaranya berada di jalur pantai utara (Pantura) Jabar.

Sumber : MediaIndonesia.com
#TIE#

0 komentar:

Posting Komentar