24 September 2008

Jadwal Penerbangan Bandara Radin Inten Ditambah

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Bandara Radin Inten II akan menambah 7 jadwal penerbangan


BANDAR LAMPUNG--Diperkirakan jumlah penumpang mudik Lebaran tahun ini yang melalui Bandara Radin Inten II Provinsi Lampung, akan mengalami lonjakan dibandingkan dengan tahun lalu. Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut tujuh jadwal penerbangan sudah disiapkan.

Untuk mengatisipasi kenaikan penumpang, baik yang datang dan berangkat saat ini jadwal penerbangan juga ditambah dari lima kali sehari menjadi tujuh kali dalam satu hari. Ketujuh jadwal penerbangan itu dilayani tiga maskapai penerbangan, yakni Sriwijaya Air pukul 09.25, 11.00, 16.30, dan 18.20. Batavia Air pukul 10.00 dan 16.00 serta Merpati Nusantara Airlines (MNA) pada pukul 19.00,

Menurut Kepala Bandara Radin Inten II M. Sidabutar, puncak kedatangan penumpang mudik melalui angkutan udara, diperkirakan terjadi pada H-3. Sedangkan puncak keberangkatan dari Lampung diperkirakan terjadi H-6 sampai H+7. Namun hari ini Rabu (24/09) saja jumlah penumpang yang berangkat tempat duduk yang terisi baru sekitar 80 persen dan ini masih normal.

Dalam mengamankan arus mudik, pihak Bandara Inten II membentuk posko pemonitor operasi bersama Polda Lampung dengan mendirikan posko di depan bandara. Posko ini dilengkapi sarana kesehatan. Kemudian menyiagakan 49 unit taksi bandara dibantu 15 unit taksi Siger dan Jaya. Jumlah armada ini, menurut Sidabutar, cukup untuk mengantar-jemput penumpang.

Mengenai landasan pacu, hingga kini perpanjangan selesai 25 meter dari target 500 meter. Namun landasan baru ini belum dipublikasikan sehingga belum bisa dipakai. Perpanjangan landasan ini belum didukung lampu pemandu sehingga belum bisa dipakai untuk pendaratan, meskipun siang hari.

Pengelola Bandara juga belum mengizinkan pilot melintasi perpanjangan landasan meskipun mendarat melalui arah utara atau dari sisi jalan lintas Sumatra . Targetnya landasan yang diperpanjang ini baru bisa dipakai tahun 2009, jadi sekarang hanya boleh 2.000 meter dan itu sudah cukup karena di provinsi lain ada yang hanya 1.850 meter.

Di tempat terpisah, Kepala Stasiun BMG Radin Intan Bambang Nova mengatakan hingga tiga hari kedepan cuaca di wilayah Lampung diperkirakan cerah dan berawan. Angin di atas wilayah Lampung pada umumnya bertiup dari timur sampai barat daya dengan kecepatan angin di bawah 10 knot. Dengan kecepatan angin juga dibawah 10 knot dan jarak pandang di atas 8 kilometer, sangat mendukung untuk penerbangan udara di Bandara Radin Inten II.

Sumber : MediaIndonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar