22 September 2008

Parkir Cadangan disiapkan

Lalu lintas di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) diperkirakan padat menjelang Lebaran 2008, sehingga pemerintah daerah setempat, pihak kepolisian dan pengelola pelabuhan penyeberangan telah menyiapkan sejumlah tempat parkir di dalam dan luar kawasan pelabuhan


Bandar Lampung--Berdasarkan perkiraan PT ASDP Cabang Bakauheni, tempat parkir di areal pelabuhan itu mampu menampung sekitar 2.500 unit kendaraan, belum termasuk kantung parkir di dermaga empat Pelabuhan Bakauheni.

Manager Operasi PT ASDP Cabang Bakauheni, Zailis Anas, mengatakan, meski peningkatan truk barang telah mulai meningkat, lahan parkir di Pelabuhan Bakauheni masih mampu menampungnya, sehingga tidak meluber sampai ke jalan raya sebagaimana halnya di Pelabuhan Merak belakangan ini.

Dia mengatakan, semua truk yang hendak diangkut ke Pelabuhan Merak, masih mengantre di kawasan pelabuhan. "Memang terjadi antrean, tapi langsung terangkut oleh kapal feri. Bisa dibilang, lahan parkir di pelabuhan ini masih kosong," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah rumah makan di Jalinsum yang lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Bakauheni, akan dijadikan sebagai kantung parkir jika volume kendaraan melonjak.

Rumah makan itu memang memiliki lahan yang cukup luas, sehingga mampu menampung antara 100- 150 unit kendaraan. Dengan demikian, jika lahan parkir di Pelabuhan Bakauheni telah padat dan meluber hingga ke jalan raya, maka kantung parkir itu akan diberlakukan untuk menampung kendaraan untuk sementara waktu.

Namun berdasarkan pengalaman pada angkutan mudik tahun lalu, kendaraan masih tertampung di lahan parkir pelabuhan, meski truk barang sempat parkir beberapa waktu di jalan raya mendekati pelabuhan itu.

Saat ini, menurut Zailis Anas, jumlah kapal feri yang melayari Selat Sunda untuk mengangkut penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni tujuan Merak dan sebaliknya, hanya berjumlah 20 kapal.

"Meski truk barang meningkat, namun masih bisa diatasi dengan jumlah kapal feri yang dioperasikan sekarang. Satu hari satu malam, pelayaran kapal feri rute Bakauheni-Merak mencapai 80 rit perjalanan," kata dia.

Ia mengatakan, jika jumlah truk melonjak maka jumlah kapal feri yang dikerahkan mencapai 26 kapal dengan rit perjalanan sebanyak 96. Tapi kami perkirakan, dengan jumlah kapal yang sekarang masih mencukupi untuk mengangkut peningkatan jumlah truk barang itu.



Sumber : MediaIndonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar