22 September 2008

Waspada tanjakan ke Gunungkidul

Bagi anda yang akan mudik menuju Kabupaten Gunungkidul, wajib waspada karena jalan ini menjadi etape yang berbahaya bagi pemudik yang menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Hal ini dikarenakan ada perbaikan jalan, tikungan dan tanjakan yang tajam.


Yogyakarta--Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan DI Yogyakarta, Sugiyanto, mengatakan jalan dari arah Yogyakarta menuju Kabupaten Gunungkidul, selain sering ada tanjakan, banyak tikungan yang sangat berbahaya. Untuk itu pihak Dinas Perhubungan Propinsi menyediakan rambu-rambu darurat yang bisa dipindah-pindahkan.

Setidaknya ada sembilan titik jalur lalu lintas sepanjang jalan Yogyakarta menuju kabupaten Gunungkidul yang rawan kecelakaan. Kondisi jalannya berkelok-kelok dan sisi kiri dan kanan banyak terdapat jurang. Di antara titik rawan tersebut adalah jalan di Slumprit, Kali Pentung, Putat, Watu Ondo semuanya di Kecamatan Patuk. Selain itu beberapa tikungan di Tleseh, kecamatan Playen.

Kapolres Gunungkidul, Ajun Komisaris Besar Sudarmanto, menjelaskan, sebanyak 600 personil polisi diterjunkan untuk mengamankan jalur lalu lintas selama puasa dan lebaran, terutama untuk arus mudik maupun arus balik.

Menurut Sudarmanto, pihaknya akan menyiapkan sejumlah mobil derek untuk mengantisipasi adanya mobil yang mogok di tengah jalan, maupun untuk menderek mobil yang mengalami musibah kecelakaan. “Kita menghimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati kalau melewati jalan raya di kabupaten Gunungkidul. Kondisi jalan yang berkelok-kelok membahayakan pengguna jalan,” kata dia.

Untuk memperlancar arus lalu lintas, jalur alternatif juga sudah disiapkan. Untuk pengguna jalan dari arah Yogyakarta menuju Wonogiri disarankan untuk melalui jalur alternatif, yaitu dari Sambipitu-Nglipar-Ngawen-Semin.



Sumber : Tempointeraktif.com

#TIE#

0 komentar:

Posting Komentar