25 September 2008

Pelabuhan Merak mulai padat

Pelabuhan Merak mulai padat dikunjungi pemudik, semantara tol Cikampek masih lengang


Cikampek--Enam hari menjelang Lebaran, arus mudik di gerbang Tol Cikampek, belum terlihat meningkat. Jasa Marga memperkirakan arus mudik di kawasan Cikampek akan meningkat pada empat hari menjelang Lebaran (H-4). Sebaliknya, peningkatan volume kendaraan mulai terjadi di Pelabuhan Merak, Banten.

Hingga pagi ini, arus lalu lintas masih berjalan normal. telah tercatat sekitar 18 ribu kendaraan dari arah Jakarta keluar dari pintu ini. Di banding periode sama tahun lalu, angka ini masih lebih rendah. Diperkirakan lonjakan kendaraan pemudik terjadi pada H-4 besok.

Saat ini Jasa Marga Cikampek membuka lima pintu keluar dari delapan pintu yang tersedia. Pihak Jasa Marga sudah menyiapkan skema pengalihan jalur masuk menuju Jakarta, jika terjadi lonjakan kendaraan. Rencananya, kendaraan yang akan menuju Jakarta masuk melalui pintul Tol Kalihurip Selatan, mengunakan jalur Bikut Indah City. Dengan begitu, delapan pintu gerbang di Tol Cikampek bisa digunakan semuanya untuk kendaraan keluar menuju pantura.

Hari ini, diperkirakan sekitar 25 ribu kendaraan dari arah Jakarta akan keluar melalui pintu Tol Cikampek. Jasa Marga sudah menambah petugas, dari delapan pada hari biasa menjadi 15 orang petugas hari ini.

Sementara itu, dari Pelabuhan Merak dilaporkan bahwa volume kendaraan mulai meningkat, meski masih di ambang normal. Belum terlihat penumpukan penumpang. Volume pemudik justru meningkat di malam hari. Sebagai perbandingan, arus mudik di Merak pada H-7 mencapai 29.682 pemudik dan 5.639 unit. Sedangkan H-7 tahun ini, kemarin, sudah meningkat menjadi 37.184 pemudik, 5905 unit kendaraan. Hari ini, jumlah pemudik dan kendaraan diperkirakan meningkat.



Sumber : Metrotvnews.com
#TIE#

0 komentar:

Posting Komentar