19 September 2008

10 titik Macet menuju Merak

Serang--Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Banten mensinyalir terdapat sedikitnya sepuluh titik rawan kemacetan di jalur mudik Lebaran dari Jakarta menuju Merak yang melalui jalan nasional. Sepuluh titik rawan macet di jalan negara sepanjang 107 kilometer itu disebabkan pasar tumpah yang memakan badan jalan.

Kemacetan akan terjadi di empat titik di Tangerang yang meliputi Pasar Cikupa, Balaraja, Jayanti dan Gembong. Empat titik lagi berada di Serang, yaitu di Cikande, Pasar Kalodran, Ciruas dan Kramatwatu. Sedangkan dua titik lainnya berada di Cilegon, yaitu di Simpang Tiga Mayofild Mal dan Pasar Merak.


Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perhubungan, Dinas Perhubungan Banten Tri Nurtopo mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di titik tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Perhubungan kabupaten dan kota di Banten agar melakukan penertiban pasar-pasar tumpah tersebut.

Selain pasar tumpah, yang harus diwaspadai adalah adanya perlintasan kereta api yang rawan terjadi kecelakaan. Bahkan, beberapa perlintasan tidak dilengkapi dengan palang pintu, seperti di Bogeg, Kecamatan Cipocok, Kota Serang yang membahayakan.


Selain jalur utama yang rawan macet itu, pemerintah juga menyiapkan jalur alternatif di Banten, yakni ruas jalan lingkar utara menuju Merak melalui Serdang-Bojonegara sebagai antisipasi kemacetan dari jalan Kota Cilegon-Merak. Kemudian, ruas Serang - Palima - Ciomas - Padarincang - Cinangka/Anyer sepanjang 51 km dan ruas Serang-Taktakan-Gunungsari-Mancak-Anyer sepanjang 30 km untuk mengantisipasi kemacetan di ruas Cilegon-Anyer saat kunjungan wisata pasca-Lebaran.


Sumber : Tempointeraktif.com

#TIE#

0 komentar:

Posting Komentar